
Keberhasilan Clash of Champions (CoC) Mendongkrak Branding RuangGuru
Clash of Champions (CoC) by Ruangguru mempertemukan mahasiswa-mahasiswi terbaik bangsa dengan tayangan yang dapat disaksikan gratis di aplikasi dan channel Youtube Ruangguru. Melalui visualisasi data yang dihimpun dari berbagai sumber, tulisan ini berusaha memotret keberhasilan program CoC dalam meningkatkan engagement Ruangguru.

Rezky Yayang (@rezkyyayang)
lash of Champions (CoC) by Ruangguru mempertemukan mahasiswa-mahasiswi terbaik bangsa baik yang sedang berkuliah di dalam negeri maupun di luar negeri. Mereka berasal dari berbagai universitas ternama seperti UGM, UI, hingga ITB. Ada pula mahasiswa universitas luar negeri yang turut berpartisipasi seperti NUS, KAIST, hingga Oxford. Program ini terinspirasi dari reality show University War yang ditayangkan di Korea Selatan.
Didirikan Belva Devara dan Iman Usman, RuangGuru sendiri mulai menginisiasi program ‘bimbel online’ pada April 2014. Sepuluh tahun berselang, RuangGuru menghadirkan Clash of Champions. Episode perdananya tayang pada 29 Juni 2024 dengan mempertemukan 40 mahasiswa-mahasiswi terbaik dari perguruan tinggi dalam negeri dan 10 dari perguruan tinggi luar negeri. Setelah sekitar 7 (tujuh) pekan penayangan, akhirnya CoC resmi berakhir dengan terselenggaranya Episode final pada 17 Agustus lalu.
Lalu, bagaimanakah efektivitas program Clash of Champions RuangGuru mendongkrak branding RuangGuru di berbagai media?
Sebelum penayangan CoC, Instagram ruangguru memiliki total pengikut 1.406.245 (28 Juni 2024). Sementara itu, pada hari penayangan grand final CoC, akun instagram ruangguru memiliki total pengikut 1.759.324 (17 Agustus 2024). Artinya, selama periode penayangan CoC, pengikut (followers) Instagram ruangguru telah bertambah sejumlah 353.079 akun/ pengguna atau sekitar 25,11 persen dari total pengikut awal.
Peningkatan pengikut Instagram @ruangguru selama periode penayangan CoC
Selain followers, engagement media sosial Instagram milik ruangguru tersebut, seperti like dan comment juga meningkat.
Pengikut baru: meningkat dari +792 (27 Juni 2024) menjadi +22.490 pengikut dalam sehari pada 30 Juni 2024.
Engagement rate: meningkat dari 0,48% (27 Juni 2024) menjadi 7,25% pada titik tertinggi (7 Juli 2024).
Average likes: meningkat dari 6.600 likes (27 Juni 2024) menjadi 110.600 likes dalam sehari pada 7 Juli 2024.
Average comments: meningkat dari 99 comments (27 Juni 2024) menjadi 1.600 comments dalam sehari pada 8 Juli 2024.
Peningkatan Engagement Instagram @ruangguru selama periode penayangan CoC
PlayStore
Peningkatan engagement brand Ruangguru tidak hanya terjadi pada media sosial dan channel Youtube Ruangguru, tetapi juga jumlah pengunduhan aplikasi Ruangguru seperti pada Google/Android PlayStore. Perbedaan jadwal tayang CoC, yakni tayang sehari lebih awal pada aplikasi Ruangguru daripada channel Youtube Ruangguru membuat fans memilih banyak mengunduh aplikasi. Alasannya berbagai macam, dari penasaran, fans berat, hingga tidak ingin terkena spoiler.
Pengunduhan Aplikasi Ruangguru pada Google PlayStore selama periode penayangan CoC
Sebelum penayangan CoC, aplikasi Ruangguru telah diunduh sebanyak 23.099.650 kali dengan rata-rata unduhan 2.000 hingga 3.000 unduhan per hari. Sementara itu, pada saat penayangan grand final CoC berlangsung pada 17 Agustus 2024, aplikasi Ruangguru telah mencapai 23.922.389 unduhan di Google PlayStore dengan rata-rata unduhan 10.000 hingga 50.000 per hari. Artinya, jumlah unduhan aplikasi Ruangguru pada PlayStore telah meningkat 3,86% selama penayangan CoC.
Google Trend
Bukan hanya peningkatan engagement media sosial dan aplikasi yang semakin banyak diunduh, pada search engine Google, penelusuran dengan topik “Ruangguru” dan “Clash of Champions Ruangguru” juga banyak dilakukan warganet. Terbukti, topik “Ruangguru” yang biasanya memiliki indeks di bawah 20, melejit ke angka 41 pada 29 Juni 2024 dan 74 pada 30 Juni 2024 atau dengan kata lain popularitas topik “Ruangguru” meningkat 362 persen atau hampir 4 kali lipat pada penayangan perdana CoC. Begitu pula topik “Clash of Champions Ruangguru” yang muncul pada pekan kedua penayangan CoC.
Indeks Google Trend penelusuran topik “Ruangguru” selama periode penayangan CoC
Pencarian topik “Ruangguru” dan “Clash of Champions Ruangguru” mencapai puncaknya pada Episode 05 yang ditayangkan tanggal 12 Juni 2024 di Aplikasi Ruangguru dan 13 Juni 2024 di Youtube Ruangguru dan Episode 11 (Grand Final) yang ditayangkan serentak pada 17 Agustus 2024. Episode 05 memainkan lanjutan game Cryptarithm dan Memory Madness yang mengharuskan ‘champions’ menghafalkan 100 barcode belanjaan keperluan sehari-hari. Sementara itu, Episode 11 jelas mempertemukan grand finalis yakni Axel (NUS) dan Shakira (UI) memperebutkan juara CoC Season pertama.
Youtube
Keberhasilan program Clash of Champions sangat dirasakan utamanya pada channel Youtube Ruangguru yang menayangkan program reality show pendidikan tersebut setiap akhir pekan. Jadwal penayangan di akhir pekan pada malam hari juga turut meningkatkan minat warganet untuk menonton dikala waktu senggangnya. Pemilihan jam tayang tersebut dinilai berhasil, buktinya jumlah subscribers dan views Youtube Ruangguru meningkat pesat selama penayangan CoC.
Sebelum periode penayangan CoC, total subscibers Ruangguru telah mencapai 1.120.000 namun dengan pergerakan yang sangat lambat, yakni dalam kurun tiga bulan hanya bertambah sekitar 10.000 subscribers saja. Peningkatan subscriber yang cukup pesat terjadi ketika penayangan episode-episode awal CoC, hingga mencapai 1.910.000 (peningkatan 70,53%) dengan penambahan paling tinggi mencapai 270.000 subscribers dalam kurun sepekan.
Selain total subscribers dan views pada channel Youtube Ruangguru, kita juga dapat menganalisis statistik pada setiap episodenya. Episode paling populer sampai dengan 19 Agustus 2024 adalah Episode 01 yang tayang pada 29 Juni 2024 dengan total dilihat 10 juta kali, 529 ribu likes, dan 16 ribu total komentar. Sementara itu, episode dengan total dilihat paling sedikit adalah Episode 11 dengan 2,8 juta views. Hal ini dikarenakan Episode tersebut tergolong baru (ditayangkan 17 Agustus).
Statistik penayangan CoC Ruangguru per Episode pada Youtube
Dari tabel di atas juga diperlihatkan penonton CoC semakin menurun yakni dari Episode 01 yang mulanya 10 juta penonton, pada episode-episode selanjutnya hanya mencapai 3 hingga 5 juta penonton. Dalam 10 hari pertama sejak video diluncurkan, penonton CoC dapat mencapai 6–7 juta pada episode-episode awal. Bahkan, beberapa episode pada hari penayangan perdananyanya ada yang langsung menembus 2 juta views. Tayangan cenderung turun dan melandai mulai hari ke-10 penayangan yang artinya tidak ada penambahan jumlah penonton yang signifikan jika dibandingkan dengan 5 hari pertama sejak penayangan perdana.
Tayangan per hari CoC pada channel Youtube Ruangguru per Episode
Daftar Bacaan
Referensi tulisan lain terkait peningkatan engagement ruangguru selama penayangan program CoC dapat Anda simak pada Clash of Champions Dongkrak Brand Visibility Ruangguru — Jangkara.id yang ditulis oleh Heditia Damanik. Pada tulisan tersebut turut dibahas peningkatan engagement dan sentimen pada sosial media lain seperti Tiktok dan Twitter.
Kalkulator Casio fx-991 ID PLUS, Rekomendasi Kalkulator untuk Mahasiswa
Tentu bukan tanpa alasan saya membeli kalkulator Casio fx-991 ID PLUS. Casio jenis ini memang memiliki spesifikasi yang lebih bagus dari Casio jenis lain, khususnya Casio fx-350MS yang pernah saya miliki saat SMA MIPA dulu. Kalkulator berperawakan hitam abu-abu tersebut sangat tidak user-friendy untuk pengolahan data statistik.
Mengapa Nobita Selalu Dapat Nilai Nol, Sebuah Analisis Menggunakan Teori Peluang
Ada bermacam teori konspirasi di sekitar anime satu ini. Salah satunya adalah teori konspirasi yang menyatakan Nobita tidak benar-benar bodoh. Saya akan menganalisis teori konspirasi ini dengan menggunakan teori Peluang, salah satu mata kuliah statistika yang pernah saya pelajari dengan bobot 3 SKS.